Percepat Pembangunan Jaringan Internet Kalurahan, Diskominfo Bantul Koordinasi dengan Pusat



Dalam rangka membangun infrastruktur jaringan internet/intranet Pemerintah Kabupaten Bantul yang handal sampai Pemeritah Desa, serta membantu mendorong peningkatan dan pemberdayaan ekonomi desa. 

Pemkab Bantul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan koordinasi dan menyampaikan proposal  terkait rencana pembangunan infrastruktur jaringan Fiber Optic (FO) di 64 Desa di wilayah Kabupaten Bantul dengan estimasi biaya sebesar Rp. 11.093.439.500.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Kepala Dinas Kominfo Ir. Fenty Yusdayati, M.T., dan Kepala Bidang bersama Staf Bidang melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Bupati Bantul bersama rombongan diterima oleh Kepala Biro Perencanaan Kementerian Kominfo Arifin Saleh Lubis di Ruang Rapat Maladi. Kamis, (21/10/2021).

Dalam pertemuan ini, Bupati Bantul menyampaikan Visi Misi beliau dan capaian prestasi dan penghargaan seperti : keberhasilan Pemkab Bantul meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), Predikat Memuaskan atau Kategori A Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan lain-lain.

Pada kesempatan itu, Bupati Bantul menyampaikan tujuan utama pertemuan ini, yakni terkait perlunya dukungan program dan dana pembangunan pemerintah pusat dalam hal ini melalui Kementerian Kominfo. “ Kondisi jaringan internet ke Kalurahan (FO), dengan panjang 144,6 km untuk Core Network dan Distribution baru mencukupi OPD, Kapanewon dan 11 kantor kalurahan dari 75 kantor yang ada di Bantul, 64 kalurahan sementara menggunakan radio link, “ terang Bupati Bantul.

Semua upaya ini membutuhkan dukungan sarana, prasana dan pembiayaan terutama dari Pemerintah Pusat, termasuk dari Kementerian Kominfo melalui Biro Perencanaan dalam penyelenggaran pelayanan publik dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di sektor Telekomunikasi dan Informasi Publik.

Sementara Arifin Saleh Lubis menyampaikan apresiasinya atas komitmen Bupati Bantul mendukung pembangunan jaringan fiber optic hingga seluruh 75 desa di Bantul tersambung internet, suatu keniscayaan bahwa kebutuhan internet di seluruh lini kehidupan masyarakat kini sudah menjamur dan menjadi hal yang pokok lagi, lebih-lebih untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif warga. “ Kami jajaran Kementerian Kominfo, menyambut hangat akan tekad dan semangat Kabupaten Bantul membangun simpul-simpul jaringan internet guna mewujudkan masyarakat yang smart, akan kami dukung sementara ini dengan  membuka literasi-literasi pembangunan jaringan internet di masa mendatang, “ kata Arifin Saleh Lubis.



FORM KOMENTAR





DAFTAR KOMENTAR (0)